Discoblack-white.netSteven Gerrard selama ini dikenal sebagai biang kerok gagalnya Liverpool menjuarai Liga Inggris 2014, tetapi sebenarnya Luis Suarez yang jadi penyebabnya.

April 2013 mungkin menjadi salah satu momen yang tak terlupakan oleh para pendukung Chelsea dan Liverpool.

Kala itu, kedua tim bertemu dalam lanjutan laga Liga Inggris musim 2012-2013 di Anfield.

Penyerang Liverpool saat itu, Luis Suarez, tak diduga menggigit bek Chelsea, Branislav Ivanovic, di tengah-tengah pertandingan.

Hal ini membuat Suarez diusir dari lapangan dan mendapatkan hukuman tidak boleh tampil dalam 10 pertandingan Liga Inggris.

Baca Juga: Jadon Sancho bisa batal ke Man United dan Membelot Ke Chelsea

Pemain asal Uruguay tersebut pun melewatkan lima laga terakhir dengan Liverpool pada musim 2012-2013 dan lima laga awal pada musim 2013-2014.

Pada musim 2013-2014 tentu pendukung The Reds masih ingat dengan insiden terpelesetnya Steven Gerrard saat berhadapan dengan Chelsea pada detik-detik terakhir perebutan titel Liga Inggris.

Banyak pihak yang menyalahkan Gerrard sebagai penyebab gagalnya Liverpool merengkuh gelar juara Liga Inggris pada musim tersebut.

Namun, legenda Liverpool, Jamie Carragher, menyebut bukan insiden tersebut yang membuat Liverpool gagal menjuarai Liga Inggris 2013-2014.

Carragher menyebut Suarez yang menjadi biang kerok gagalnya Liverpool merengkuh supremasi tertinggi kompetisi sepak bola Inggris.

mantan bek timnas Inggris itu menyebut bahwa insiden Suarez menggigit Ivanovic menjadi penyebab awal Liverpool meraih trofi.

Pemain yang kini bermain untuk Barcelona tersebut melewatkan lima laga pertama Liverpool pada musim 2013-2014.

Menurut Carragher, hal itu sangat krusial bagi The Reds dalam persaingan mengejar gelar Liga Inggris saat itu.

Dalam lima laga pembuka musim 2013-2014 tersebut, Liverpool harus menang susah payah dengan skor 1-0 pada tiga pertandingan pertama.

Akan tetapi, pasukan Anfield bermain imbang 2-2 melawan Swansea dan kalah 0-1 dari Southampton di dua laga berikutnya.

Hasil dua pertandingan itu membuat Liverpool mengalami kesulitan dalam mengejar selisih poin mereka dariManchester City.

Carragher

“Saya pikir dia melewatkan empat atau lima pertandingan pertama musim berikutnya ketika Liverpool hampir memenangkan gelar, Suarez adalah pemain terbaik mereka,” ucap Carragher.

“Ada dua pertandingan yang membuat Liverpool kehilangan poin.”

“Saya pikir kekalahan dari Southampton dan bermain imbang di Swansea membuat mereka kehilangan lima poin dalam lima pertandingan pertama di mana Luis Suarez tidak bermain.”

“Melihat performanya pada musim itu, ada peluang bagus Suarez bisa mengubah hasil salah satu dari kedua pertandingan itu.”

“Tindakan itu (menggigit Ivanovic) dan skorsing yang diterimanya mungkin banyak berpengaruh pada Liverpool pada musim selanjutnya,” lanjut mantan pemain Liverpool yang bermain sebagai bek tengah tersebut.

Pada musim 2013-2014, Liverpool akhirnya finis di posisi kedua klasemen akhir Liga Inggris.

Si Merah hanya kalah dua poin dari Manchester City yang menjadi juara.