Discoblack-white.net – Serie A atau kompetisi kasta teratas Liga Italia akan menentukan nasibnya hari ini, Kamis (28/5/2020). Apakah akan diteruskan atau disetop di tengah jalan?.

Kalau dilanjutkan, kapan tanggal pastinya?

Pertemuan antara otoritas Liga Italia Serie A dengan Pemerintah Italia akan menentukan formula pasti guna menyimpulkan kompetisi musim ini di tengah pandemi.

Ada tiga kemungkinan yang bisa ditelurkan lewat keputusan nanti.

Skenario pertama adalah memulai kembali liga pada akhir pekan 14 Juni mendatang.

Baca Juga: Alphonso Davies , Kisah Hidupnya tidak semulus lari di lapangan

Rangkaian pertandingan yang diutamakan.

Digelar duluan ialah laga-laga tertunda di pekan 25, yakni Atalanta vs Sassuolo, Verona vs Cagliari, Inter Milan vs Sampdoria, dan Torino vs Parma.

Selanjutnya, kompetisi akan digulirkan sepenuhnya secara reguler mulai 20 Juni.

Harapannya, kemunculan juara liga, pemenang jatah pentas antarklub Eropa, dan tim promosi-degradasi bisa rampung diketahui pada awal Agustus.

Setelah itu, baru agenda semifinal Coppa Italia disentuh, sehingga rangkaian kalender kompetisi di Negeri Piza bisa selaras dengan tenggat UEFA guna melanjutkan sisa jadwal Liga Europa dan Liga Champions pada Agustus mendatang.

Kemungkinan kedua adalah Liga Italia akan dilanjutkan, tetapi cuma untuk menentukan kuota pos-pos yang vital, yaitu penentuan juara, pemenang tiket pentas Eropa, dan zona degradasi.

Rencana ini adalah Plan B yang diselenggarakan dengan format play-off.

Adapun skenario ketiga, kerap disebut paling brutal, ialah menghentikan kompetisi secara total pada titik di mana liga dibekukan saat ini.

Penghentian total ini pun masih terbagi menjadi dua, yakni akan ditentukan pemberian gelar juara seperti di Liga Prancis, atau dinihilkan tanpa titel sama sekali semodel Liga Belanda.

“Keputusan Liga Prancis mungkin yang paling mudah untuk diambil. Tapi saya tak mau melakukannya,” kata Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, bulan lalu.

“Adalah tindakan memalukan ketika saya diminta memutuskan nasib Serie A pada saat negara berada dalam keadaan darurat,” ujarnya.

Liga Italia Serie A dibekukan sejak 9 Maret dan klub-klub sudah menggelar kembali latihan pada 19 Mei.

Federasi Sepak bola Italia

Dari sudut pandang Federasi Sepak Bola Italia (FIGC),

Kelanjutan Liga Italia dimulai lagi merupakan cara untuk menghindari krisis finansial dan kerugian lebih parah.

Kesuksesan Bundesliga Jerman memulai kembali kompetisi pada 16 Mei dan LaLiga Spanyol mencapai konklusi restart bulan depan dinilai menjadi motivasi tambahan Serie A buat menyusul mereka.

Hal yang sebelumnya menjadi perdebatan ialah poin dalam protokol kesehatan, di mana sebuah tim harus mengarantina seluruh anggota skuadnya jika ada satu saja yang positif Covid-19 lewat tes.

Ungkap Gabriele Gravina

“Tugas federasi adalah menjalankan kembali sepak bola dan mencegah krisis ekonomi,” kata Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina.

“Kami bekerja tanpa henti dengan Menteri Olahraga, Menteri Ekonomi dan Finansial, serta Menteri Kesehatan guna menciptakan kondisi yang aman untuk menjalankan kembali sepak bola profesional,” ucapnya.

Juventus memuncaki klasemen sementara Liga Italia sebelum kompetisi disetop akibat pandemi.

Sang juara bertahan cuma unggul satu poin di atas runner-up, Lazio.