Discoblack-white.net – Megabintang Barcelona, Lionel Messi, merupakan salah satu pesepakbola yang dikenal memiliki eksekusi tendangan bebas terbaik.

Tercatat, sepanjang kariernya, pemain berjuluk La Pulga itu telah melesakkan 50 gol melalui tendangan bebas.

Luar biasanya, bola hasil tendangan bebas Messi dapat melengkung indah melewati pagar hidup hingga kemudian menggetarkan jala gawang lawan.

Kendati demikian, tak banyak yang tahu bahwa untuk menciptakan teknik yang hebat tersebut Messi selalu membuat kaki kanan yang menjadi tumpuannya hampir keseleo.

Baca Juga: Wojciech Szczesny Ditendang dari Skuat Arsenal karena Merokok Di Ruang Ganti

Menurut profesional kesehatan, Dr. Rajpal Brar, teknik Messi semuanya bermuara pada cara dia memutar tubuhnya.

Demi mendapatkan putaran yang maksimal, Messi benar-benar memaksa kaki kanan yang menjadi tumpuannya keluar posisi, sehingga terlihat seperti akan patah.

“Ketika Messi menendang bola, dia menggeser pinggulnya ke kanan. Dia benar-benar menggerakkan pinggulnya ke kanan saat dia berusaha membuka kaki kirinya.

Dan apa yang dilakukannya pada kaki tumpuannya adalah bahwa ia memindahkan semua beban ke bagian luar kaki,” terang Dr. Rajpal.

“Jadi ketika dia mengikuti dan dia menendang bola – kaki kiri yang datang dari kiri ke kanan – sekarang semuanya berjalan ke luar pergelangan kakinya, hampir seperti apa yang terjadi ketika Anda terkilir di pergelangan kaki Anda,” sambungnya.

“Kami menyebutnya ‘keseleo inversi’ ketika berputar ke dalam – itu adalah kekuatan yang sama.

Anda memiliki semua kekuatan di bagian luar pergelangan kaki Anda dan berputar ke dalam. Tapi dalam kasus Messi, dia melatih dirinya dan tubuhnya untuk mengendalikan gerakan itu,” tukas Dr. Rajpal.