Michel-hidalgo

Discoblack-white.net – Mantan pelatih Timnas Prancis, Michel Hidalgo Juara Liga Piala Eropa 1984, meninggal dunia pada Kamis (26/3/2020) waktu setempat.

Hidalgo yang merupakan pelatih yang berhasil mengantarkan Timnas Prancis juara Piala Eropa 1984 meninggal dunia, Hidalgo meninggal di usia 87 tahun.

Hidalgo menghabiskan kariernya selama 8 tahun di Les Blues, julukan Timnas Prancis, sebagai pelatih dan asisten pelatih.

Baca Juga: Paul Pogba Bertahan MU Wajib Perkuat Dua Posisi ini

“Hidalgo meninggalkan warisan yang cukup besar. Dia membangun kembali sepak bola Prancis di tingkat internasional,” kata Platini.

“Sebagai pelatih, Hidalgo membawa tim Prancis ke level tertinggi. Dia punya gaya sepak bola yang indah. Dia memberikan banyak kesempatan untuk kami mengekspresikan bakat individu yang dimiliki,” ujarnya.

Selain pelatih, Hidalgo juga dikenal sebagai gelandang kreatif yang cukup beken di masanya. Prestasi terbaiknya yakni membawa Reims dan AS Monaco merebut trofi kompetisi Ligue 1 (1955, 1961, dan 1963).

Tak hanya itu, Hidalgo juga sukses mengantarkan Reims jadi finalis Liga Champions musim 1955/1956. Sayang, di laga final timnya gagal angkat piala karena kalah 3-4 dari Real Madrid.

Sebelum mengantarkan Prancis juara Eropa, Hidalgo mampu mengantarkan Timnas Prancis lolos semi-final Piala Dunia 1982.

Perjalanan Timnas Prancis di bawah asuhan Hidalgo cukup luar biasa.

Pelatih yang pernah menjadi Direktur Sepak Bola Olympique Marseille itu mampu membuat Timnas Prancis mengatasi Denmark, Belgia, dan Yugoslavia.

Di semi-final mereka mengalahkan Portugal dan menghancurkan Spanyol 2-0 di final Piala Eropa 1984.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menyampaikan duka citanya melalui akun intagram pribadinya.

“Saya menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya kepada keluarga Michel Hidalgo.”

“(Dia adalah) pria yang luar biasa.”

“Terima kasih atas semua kenangan di 1982 dan 1984,” bunyi caption akun instagram pribadi Zidane.