Discoblack-white.net – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, sudah menyiapkan strategi untuk megabintang mereka, Lionel Messi, Menurut orang dekat Koeman.

Nantinya Messi difokuskan untuk menyerang, dan haram bagi La Pulga untuk membantu pertahanan.

“Ronald ingin Leo (Messi) fokus menyerang dan tidak turun mencari bola di tengah, tapi menunggu rekan satu timnya yang mengambil.

Messi diharapkan bebas dari sebagian besar tugas bertahannya,” kata salah satu sumber dekat Koeman,

BACA JUGA: Coutinho Bertahan di Barcelona, Liverpool bisa dapat Bonus Lagi

Sebelumnya, Messi kerap turun ketika rekan-rekannya mendapat serangan dari lawan. Namun, gaya permainan itu takkan dijalani Messi bersama Barcelona racikan Koeman.

La Pulga diminta fokus membantu penyerangan. Harapannya dengan Messi tetap bertahan di depan, tenaga La Pulga tidak terkuras.

Ujung-ujungnya, kualitas maksimal dapat ditunjukkan Messi bersama Blaugrana –julukan Barcelona.

Lantas, pola apa yang digunakan Koeman bersama Barcelona? Jika merujuk kepada formasi yang digunakan Koeman ketika menangani Tim Nasional Belanda, ia akan mengandalkan formasi 4-2-3-1.

Dalam pola tersebut, ada tiga posisi yang dapat ditempati Messi. Pertama, Messi berperan sebagai second striker. Saat ini ada Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann yang dapat diperankan sebagai second striker.

Kemudian untuk posisi kedua, Messi dapat diperankan sebagai winger kanan. Di posisi ini hanya Ousmane Dembele yang merupakan pesaing Messi.

Selanjutnya atau posisi terakhir adalah false nine atau penyerang bayangan. Messi kerap turun di posisi ini ketika Barcelona masih ditangani Josep Guardiola.

Karena itu, menarik menanti posisi mana yang nantinya ditempati Messi. Jika melihat kondisi skuad saat ini, Messi kemungkinan besar diperankan sebagai winger kanan.

Messi bisa saja dimainkan di posisi false nine, namun dalam waktu dekat Barcelona akan mendatangkan Memphis Depay dari Olympique Lyon. Nantinya, Depay akan beroperasi sebagai penyerang tengah.