virus corona depok

Discoblack-white.net – Kasus masuknya Virus Corona di Depok ke Tanah Air itu terungkap setelah ada laporan warga negara Jepang dinyatakan positif terinfeksi virus corona usai berkunjung ke Indonesia. Pemerintah kemudian menelusuri siapa saja yang kontak dengan WN Jepang tersebut.

“Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Akhirnya Virus Corona terinfeksi di Depok: ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,”

Warga Negara Jepang yang menularkan virus corona ke Indonesia ini tercatat sebagai ‘pasien ke-24’ positif virus corona di Malaysia.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia, Datuk Dr Noor Hisham Abdullah menyebut, pasien tersebut adalah seorang perempuan berusia 41 tahun, warga negara Jepang yang bekerja di Negeri Jiran.

Ia mengalami demam dan berobat pada 17 Februari 2020. Perempuan itu kemudian dirawat di sebuah rumah sakit swasta. Di sana lah tes Covid-19 dilakukan. Hasilnya terkonfirmasi positif virus corona pada 27 Februari 2020.

Baca Juga: Perkara “Dansa”Membawa Virus Corona Masuk Ke Indonesia

“Pasien saat ini dirawat di bangsal isolasi di Rumah Sakit Kuala Lumpur,” kata Noor Hisham Abdullah seperti dikutip dari situs The Star.

Hasil penelusuran menyebut, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Jepang pada Januari 2020. Juga ke Indonesia pada awal Februari 2020.

Penangan Korban Terinfeksi

Terawan menjelaskan, ibu dan anak itu dirawat di ruang isolasi khusus dan tidak melakukan kontak dengan pasien lainnya.

Menurutnya, kondisi ibu berusia 64 tahun dan putrinya 31 tahun saat ini sudah mulai membaik.

“Batuk, pilek, tadinya agak sesak. Tapi sekarang kondisinya sudah mulai membaik, cuma tinggal batuk aja,” jelas Terawan.

Terawan mengatakan, keduanya bertempat tinggal di wilayah dekat Depok.

“(Dua orang itu) di rumahnya, daerah dekat Depok,” ujar Menkes Terawan, Senin (2/3/2020).

Terawan mengaku prosedur untuk penanganan orang terduga kena virus corona sudah dilakukan.

“Kita sudah cek, kita bawa. Sudah melakukan isolasi rumah. Sesuai prosedur kita lakukan, menjaga rumahnya,”

Baca Juga: Cara Pencegahan Untuk Tidak Terinfeksi Virus Corona